Jumat, 07 September 2012

KANDUNGAN SEMANGKA....YANG MENYEHATKAN TUBUH (LDK-STIKES FA LUBUKLINGGAU)





Daging buah semangka rendah kalori dan mengandung air sebanyak 93,4%, protein 0,5%, karbohidrat 5,3%, lemak 0,1%, serat 0,2%, abu 0,5%, dan vitamin (A, B dan C). Selain itu, juga mengandung asam amino sitrullin (C6H13N3O3), asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen (C4oH56), karoten, bromin, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa. Sitrulin dan arginin berperan dalam pembentukan urea di hati dari amonia dan CO2 sehingga keluarnya urin meningkat. Kandungan kaliumnya cukup tinggi yang dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah. Likopen merupakan antioksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E. Biji kaya zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning 20--45%, protein 30--40%, sitrullin, vitamin B12, dan enzim urease. Senyawa aktif kukurbositrin pada biji semangka dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Menurut riset, citrulline lebih banyak ditemukan pada kulit semangka yakni sekitar 60 persen ketimbang dalam dagingnya. Tetapi, persentasenya juga bisa bervariasi. Citrulline juga dapat ditemukan pada semua warna semangka dan yang paling tinggi kandungannya adalah jenis semangka kuning.


Zat citrulline pada semangka mampu memicu produksi dari komponen yang merelaksasikan pembuluh darah di tubuh, sama seperti yang terjadi ketika pria mengkonsumsi Viagra, kata peneliti di Texas, salah satu pemproduksi semangka varietas tidak berbiji.


Penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan oleh kulit semangka adalah darah tinggi kronis, radang ginjal, sulit buang air kecil, sulit buang air besar kronis dan penyakit dropsy (sakit gembur-gembur).


citrulline bereaksi dengan enzim tubuh dan diubah menjadi arginin, suatu asam amino yang menguntungkan bagi jantung, sirkulasi darah, dan sistem imunitas (kekebalan tubuh).
 
Buah yang satu ini mempunyai kandungan air di dalam buah yang cukup tinggi,sehingga dapat digunakan sebagai pelepas dahaga ketika tidak ada air.Semangka,pada saat ini sudah banyak dikembangkan,mulai dari merubah warna(biasanya kuning) sampai menghilangkan bijinya,sehingga lebih nikmat ketika mengkonsumsinya,karena tidak perlu repot-repot memisahkan bijinya.Harga buah yang satu ini juga sangat murah dan terjangkau,akan tetapi tidak kalah bagus manfaatnya dibanding buah lainnya..Itu dikarenakan semangka banyak mengandung zat-zat yang berguna bagi tubuh.
Zat-zat tersebut diantaranya :

* Likopen.Likopen merupakan antioksidan yang lebih unggul daripada vitamin C dan E dan berfungsi untuk menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar tidak mudah pikun.selain itu likopen jugs dapat mencegah penyakit kanker.
* Kalium.Kandungan kalium pada semangka juga cukup tinggi. Itu membantu kerja
jantung dan menormalkan tekanan darah.
* Sitrulin dan Arginin.Sitrulin dan arginin berperan dalam pembentukan urea di hati dari ammonia dan CO2.Senyawa asam amino sitrulin dapat meningkatkan produksi nitroksida, yang berperan pada kemampuan ereksi pria.

Di samping zat-zat di atas,semangka juga mengandung zat-zat berguna lainnya,diantaranya:Daging buah semangka rendah kalori dan mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, dan vitamin (A,B dan C). Semangka juga mengandung, asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, betain, karoten, bromine, natrium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa.

Semangka juga bermanfaat sebagai Penghalus kulit dan penghilang flek hitam di wajah,di samping dapat mengobati/mengurangi berbagai penyakit diantaranya:

* Menurunkan kadar kolesterol/mengurangi tekanan darah tinggi.
* Mencegah dan menahan serangan jantung.
* Kencing manis.
* Mengeluarkan cacing usus.
* Infeksi kandung kemih dll.

Jadi mulai sekarang,jangan ragu lagi untuk rajin mengkonsumsi buah semangka.Disamping harganya terjangkau,khasiatnya juga oke kan...?

www.yukitawa.co.cc/
 

1 komentar:

  1. baca dong artikel kesehatan agar lebih paham tentang menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat...dan bergizi..

    BalasHapus