Jumat, 18 Mei 2012

PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG (PUGS) (LDK-STIKES FA LUBUKLINGGAU)

Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS)

Tubuh memerlukan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi yang seimbang untuk mencapai serta memelihara kesehatan dan status gizi optimal. Keadaan gizi seimbang akan tercapai apabila tubuh dapat mencerna, mengabsorbsi dan memetabolisme zat-zat gizi secara baik.

Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) adalah pedoman dasar tentang gizi seimbang yang disusun sebagai penuntun pada perilaku konsumsi makanan di masyarakat secara baik dan benar. PUGS digambarkan dalam logo berbentuk kerucut atau piramida makanan.

Gambar Piramida Makanan dalam PUGS



Bahan makanan dikelompokkan berdasarkan tiga fungsi utama zat gizi (Tri guna Makanan) penulis sarikan dari pendapat Almatsier. S (2007:12), yaitu:
 
a. Sumber Energi atau Tenaga, yaitu padi-padian atau serealia seperti beras, jagung, dan gandum; umbi-umbian seperti ubi, singkong, dan talas; serta hasil olahannya seperti tepung-tepungan, mi, roti, makaroni, havermout, dan bihun.
 
b. Sumber Zat Pembangun, yaitu sumber protein hewani, seperti daging, daging ayam, telur, susu, dan keju; serta sumber protein nabati seperti kacang-kacangan berupa kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, dan kacang tolo serta hasil olahannya seperti tempe, tahu, oncom, dan susu kedelai.
 
c. Sumber Zat Pengatur, yaitu berupa sayuran dan buah. Sayuran diutamakan yang berwarna hijau dan kuning jingga seperti bayam, daun singkong, daun katuk, kangkung, wortel, dan tomat; serta sayur kacang-kacangan, seperti kacang panjang, buncis, dan kecipir. Buah-buahan diutamakan yang berwarna kuning jingga, kaya serat dan yang berasa asam, seperti pepaya, mangga, nenas, nangka masak, jambu biji, apel, sirsak, dan jeruk.
 
PUGS mempunyai 13 pesan dasar gizi seimbang, yaitu:
 
 a. Makanlah aneka ragam makanan
b. Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi
c. Makanlah sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi
d. Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat dari kebutuhan energi
e. Gunakan garam beryodium
f. Makanlah makanan sumber zat besi
g. Berikan ASI saja pada bayi sampai umur 6 bulan
h. Biasakan makan pagi
i. Minumlah air bersih, aman yang cukup jumlahnya
j. Lakukan aktivitas fisik dan olahraga secara teratur
k. Hindari minum minuman beralkohol
l. Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan
m. Bacalah label pada makanan yang dikemas
 Penjabaran AKG ke dalam suatu susunan makanan sehari (menu) harus mengacu kepada PUGS. Menu adalah susunan makanan yang dimakan oleh seseorang untuk sekali makan atau untuk waktu tertentu (sehari, seminggu, 10 hari dan seterusnya).

Menu seimbang adalah menu yang terdiri dari beraneka ragam makanan dalam jumlah dan proporsi yang sesuai, sehingga memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan. Cara menyusun menu penulis sarikan berdasarkan pendapat Hartati. W dengan cara:

a. Memperhatikan dana yang tersedia, musim bahan makanan, jenis pangan yang disukai/tak disukai.
b. Menganekaragamkan bahan makanan sesuai dengan padanan atau penukar bahan makanan dan PUGS.
c. Menggunakan pola menu.
d. Menetapkan siklus menu.
e. Memilih jenis bahan makanan yang akan digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar